Selasa, 12 Januari 2021

Belajar dan Belajar Lagi



#SelasaBerbagi

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih kepada semua penggagas, admin, dan anggota grup yang mengizinkan saya bergabung untuk belajar ngeblog. Pada awalnya saya khawatir jika saya tidak bisa aktif di grup, selain masih belajar saya juga memiliki aktivitas lain yang sudah berjalan. Jawaban Pak Brian membuat saya sedikit lega dan memutuskan bergabung. Kamis Menulis, 31 Desember 2020 adalah tulisan pertama saya di blog ini, walau sudah pernah mencoba pada Juli 2019 namun, tak ada tulisan yang tergores pada blog saya.

Hari ini ada kegiatan Selasa Berbagi. Saya bisa belajar kembali bagaimana menulis yang baik. Walaupun masih ada kegiatan lain, namun tetap berusaha membaca setiap pesan yang dituliskan Pak Brian pada grup whatsApp “Cakrawala Blogger Guru”. Dari tiga penjelasan yang dituliskan. Saya tertarik dengan "Beda Word dan Blog". Kesalahan yang saya lakukan saat copas dari word ke halaman blog, kini sudah saya mengerti. Kuncinya adalah yang bisa di copas hanya tulisan saja tanpa pengaturan.

Penjelasan pertama, memberikan motivasi untuk menulis. Ibaratnya, menulis adalah sebuah tantangan pada diri sendiri. Jika berhasil menulis, maka lega rasanya. Penjelasan terakhir adalah bagaimana membuat tulisan lebih enak di baca. Penggunaan tanda baca dan kalimat yang pendek, selalu menjadi kunci utama di setiap tulisan. Hindari kalimat majemuk, agar tulisan yang kita buat nyaman saat dibaca.

Belajarlah menuliskan kembali apa yang sudah dibaca. Setelah menjadi tulisan, baca kembali. Lakukan swasunting, sambil belajar kembali.

Semoga bermanfaat. Terima kasih Pak Brian atas materinya.

6 komentar: